Tindik Telinga Dapat Memicu Kelumpuhan



Tindik telinga adalah prosedur yang sederhana. Risiko yang mungkinterjadi hanya alergi atau infeksi. Tapi hati-hati jika terjadi infeksibisa memicu penyakit lain bahkan bisa berupa kelumpuhan.

Tindiktelinga adalah peradaban kuno yang telah dilakukan nenek moyang manusiasejak 5000 tahun lalu. Anak-anak atau orang dewasa yang akan melakukantindik telinga menjalani prosedur yang sama yaitu menusuk tulang rawanhingga tembus ke belakang.

Meskiprosedur sudah dijalani dengan baik tak sedikit orang yang mengalamiinfeksi akibat tindik telinga. Infeksi ini adalah risiko yan selalumuncul walaupun prosedur steril telah diikuti.

Infeksiinilah yang kadang-kadang bisa menyebabkan penyakit serius. Sepertiyang dialami Grace Etherington, ABG usia 15 tahun asal Inggris ini harusmengalami kelumpuhan dan tidak bisa bicara setelah mengalami infeksipada telinganya yang ditindik.

Infeksitelinganya itu telah memicu munculnya penyakit langka sindromGuillain-Barre pada sistem saraf sehingga melumpuhkan tubuh. Karenasindrom ini, Grace hanya mampu berkomunikasi dengan cara berkedip.

SindromGuillain-Barre adalah kelainan autoimun langka yang mempengaruhi sistemsaraf perifer. Hal ini biasanya dipicu oleh infeksi parah danmenyebabkan kelumpuhan yang cepat, sebagian atau total, dimulai denganhilangnya rasa pada kaki (baal) sampai mempengaruhi anggota tubuh, wajahdan tendon.

Danyang terparah adalah beberapa hari setelah mengalami infeksi ditelinga, Grace mengalami kesulitan berjalan sehingga ibunya bergegasmembawanya ke Rumah Sakit Medway Mariime di Kent.

“Saat itu saya sangat mengkhawatirkan dia. Dia bilang tidak bisa menggenggampensil di sekolah dan tidak bisa berjalan. Saya benar-benar hancur dantidak bisa membayangkan gadis kecilku hanya bisa berkedip selama sisahidupnya. Itu lebih buruk daripada kematian,” jelas Sharon sepertidilansir Dailymail, Rabu (10/11).


Gracesempat koma selama dua hari dan beberapa organ tubuhnya mulai lumpuh.Paru-parunya pun kolaps. Namun setelah perawatan yang cukup lama munculkeajaiban karena ia mulai sadar padahal sebelumnya dokter sudah tidakterlalu berharap banyak.

Gracemulai menggerakkan jari-jari dan mulutnya. Dia perlahan mulaimenggoyang-goyangkan jarinya kemudian mencoba bicara. Kata-kata tidakkeluar, tapi setidaknya ia mampu menggerakkan mulutnya. Meski sulitmengaitkan tindik telinga dengan kelumpuhan, dokter menyarankan agarmenghindari infeksi dari apapun karena infeksi bisa memicu penyakitserius.

Agarproses tindik telinga aman, orang juga harus mengetahui risikokesehatan pada dirinya apakah ia mengidap penyakit diabetes, tekanandarah tinggi, peradangan kulit yang justru bisa memperburuk kondisinya.
Sepertidilansir eHow, tren menindik telinga bagian atas adalah paling seringmengalami infeksi. Tindik telinga bagian atas tidak dianjurkan olehkebanyakan dokter.

Jika terjadi infeksi segera konsultasi ke dokter Telinga, Hidung danTenggorokan (THT) untuk diberikan antibiotik yang tepat.

Jikatidak terjadi infeksi saat proses penindikan, orang juga harus rajinmembersihkan telinga dan area sekitarnya. Pastikan area tersebut bebasdari lotion, sisa shampo atau kondisioner, parfum atau kotoran yangterlihat.

Prosespenyembuhan tindik telinga bisa berlangsung 2-6 pekan maka itu rajinlahmembersihkan depan dan belakang daun telinga dengan alkohol ataularutan pembersih lainnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Cheap Web Hosting | Top Web Host | Great HTML Templates from easytemplates.com.